Bus Suroboyo : Transportasi Kekinian, Aman dan Nyaman serta Meningkatkan Kesadaran Lingkungan


Ada kebiasaan baru dalam hidup beberapa mahasiswa dikampus yang namanya menjadi salah satu nama halte Bus transportasi massal kekinian, Bus Suroboyo. Kemudahan akses, kondisi fisik bus yang menarik,serta sistem pembayaran yang tidak biasa membuat banyak masyarakat termasuk mahasiswa antusias menggunakan transportasi kebanggaan warga kota Surabaya ini.
Sistem pembayaran yang tidak menggunakan uang tunai, membuat beberapa mahasiswa rela berkeliling kampus untuk mencari,memungut dan mengumpulkan sampah plastik. Hal ini dilakukan demi menikmati fasilitas transportasi yang dikeola oleh Dinas Perhubungan kota Surabaya. Tak hanya sekali dua kali, mereka bahkan menggunakan Bus Suroboyo untuk pulang dan pergi dari kampus setiap harinya.
Sengaja memungut dan mengumpulkan sampah plastik merupakan hal yang jarang bahkan tidak pernah dilakukan oleh masyarakat kita. Sampah plastik yang kian hari menumpuk juga sifatnya yang tidak dapat diuraikan, membutuhkan perhatian khusus untuk kelangsungan lingkungan hidup. Adanya transportasi massal baru di kota Surabaya yakni Bus Suroboyo secara tidak langsung meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya menjaga lingkungan.
 Dengan membawa sejumlah sampah plastik berupa botol ataupun gelas, kita dapat menaiki dan merasakan fasilitas aman dan nyaman dalam Bus Suroboyo. Sampah plastik tersebut dapat disetorkan di dalam bus secara lansung ataupun di bank sampah yang hanya terdapat di dua tempat yakni, Halte terminal Purabaya dan halte Rajawali. Dengan begitu kita akan mendapatkan tiket untuk menaiki bus yang berlaku selama dua jam lamanya. Uniknya, jika kita menyetorkan sebanyak-banyaknya sampah plastik di dua halte yang tersebut diatas kita akan mendapat kartu setor sampah yang berisi stiker yang digunakan sebagai tiket Bus Suroboyo. 
Berbicara soal fasilitas, penampilan luar bus ini sangat menarik perhatian. Warna merah menyala dan bersih dengan ukuran bus yang tinggi dan lebar membuat siapapun yang melihatnya dibuat penasaran. Fasilitas dalam Bus memberikan kesan aman dan nyaman,hal tersebut dapat kita rasakan dari awal hingga akhir perjalanan. Pintu Bus yang lebar, membuat penumpang keluar masuk dengan leluasa. Banyaknya kursi penumpang yang tersedia, juga adanya kursi prioritas bagi penumpang  perempuan ,lansia,ibu hamil dan difabel membuat kesan aman dan nyaman tercipta. Terlebih lagi, kondisi dalam bus yang lebar dan sejuk serta adanya handle hand bagi penumpang yang tidak kebagian kursi, tak membuat resah penumpang berdiri dan masih bisa menikmati suasana aman dan nyaman selama perjalanan.
Menikmati jalanan kota Surabaya dengan kaca bus yang lebar menambah lagi kesan nyaman dan aman sepanjang perjalanan. Bus ini pun juga menjadi alternatif transportasi wisata bagi banyak keluarga yang sengaja mengajak sang anak untuk menikmati dan memperkenalkan transportasi kebanggaan warga kota Surabaya ini. Suasana dalam bus yang ramah bagi anak pun mematahkan stigma transportasi massal yang sumpek dan bikin anak rewel.
Suasana Bus yang nyaman membuat seorang balita dan ibunya leluasa untuk menikmati fasilitas Bus Suroboyo
 
Raut wajah bahagia beberapa nak kecil terlihat saat menaiki Bus Suroboyo
Tak hanya dari sisi fasilitas Bus yang memberikan rasa aman dan nyaman bagi penumpang. Adanya crew dan sopir Bus dari Dinas Perhubungan kota Surabaya yang ramah dan sigap dalam melayani penumpang bus menambah lagi kesan aman dan nyaman. Tak hanya melayani penumpang, crew bus Suroboyo juga secara dispilin mengingatkan para penumpang untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman dalam bus agar terjaga kebersihan untuk menciptakan kenyamanan bagi setiap penumpangnya.
Terlihat crew Bus Soroboyo dengan seragam kekiniannya sigap memberikan pelayanan kepadasalah satu penumpang

Selain meningkatkan kesadaran lingkungan melalui metode pembayaran bus menggunakan sampah plastik. Adanya Bus Suroboyo sebagai transportasi massal, dapat mengurangi macet serta polusi akibat kendaraan pribadi. Kita ketahui bahwa kota Surabaya merupakan salah satu kota dengan intensitas kepadatan transportasi yang tinggi. Dengan diluncurkannya Bus Suroboyo oleh Pemkot Surabaya dapat menjadi salah satu solusi untuk mengubah kebiasaan masyarakat menggunakan kendaraan pribadi.
Sebagai transportasi publik, kemudahan dan efektifitas dalam mengetahui informasi seputar dapat diakses dengan adanya aplikasi pendukung. Aplikasi yang dapat diunduh secara gratis ini bernama Go-Bis, selain memberikan informasi seputar Bus Suroboyo aplikasi tersebut dapat melacak keberadaan bus terdekat. Banyaknya halte yang tersedia memudahkan masyarakat menjangkau lokasi. Belum lagi baru-baru ini Dinas Perhubungan Kota Surabaya memperluas operasional rute jalur perjalanan Bus Suroboyo.
Share:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar